Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Soal IPA Sistem Transportasi Respirasi Kelas 8 SMP Beserta Jawaban

Sunday, March 20, 2016

Soal IPA Sistem Transportasi Respirasi Kelas 8 SMP Beserta Jawaban

1. Jaringan tumbuhan yang memiliki fungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun dan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan adalah ....

a. xilem
b. floem
c. korteks
d. epidermis

2. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi darah adalah ….
a. mengangkut O2 dan CO2
b. menyembuhkan luka
c. memungkinkan proses pembekuan darah
d. mengangkut sari-sari makanan

3. Perhatikan diagram proses pembekuan darah di bawah ini!
Berdasarkan diagram di atas, X dan Y secara berturut-turut adalah ….
a. fibrinogen dan trombokinase/ tromboplastin
b. trombokinase/ tromboplastin dan fibrinogen
c. trombokinase/ tromboplastin dan protombin
d. trombokinase/ tromboplastin dan fibrin

4. Perhatikan gambar di bawah ini.
Fungsi bagian yang dituju oleh tanda panah
( )pada gambar tersebut adalah ....
a. tempat penyaringan udara
b. tempat pertukaran O2 dan CO2
c. tempat pertukaran nutrisi dan sisa metabolisme
d. tempat penyesuaian suhu dan kelembapan udara

5. Perhatikan kelainan-kelainan atau penyakit berikut:
1. Hipertensi 
2. Serangan jantung
3. Diabetes 
4. Anemia
5. Buta warna 
6. Stroke
Berikut merupakan gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah terdapat pada nomor ....
a. 1,2,4,6
b. 1,2,3,4
c. 1,2,5,6
d. 1,2,4,5

6. Tabel perbedaan pembuluh darah berikut ini yang benar adalah ….

7. Berikut ini merupakan jalannya udara pada sistem pernapasan manusia yang benar
adalah ....
a. rongga hidung – laring – trakea – bronkiolus – bronkus– paru-paru
b. rongga hidung – faring – trakea – bronkiolus – bronkus– paru-paru
c. rongga hidung – faring – laring – bronkus – bronkiolus – paru-paru
d. rongga hidung – faring – trakea – bronkus – bronkiolus – paru-paru

8. Pernyataan yang benar tentang mekanisme inspirasi adalah ....
a. diafragma dan otot dada kontraksi, rongga dada kembali normal, paru-paru kembali normal, dan udara keluar dari paru-paru.
b. diafragma dan otot dada relaksasi, rongga dada kembali normal, paru-paru kembali normal, dan udara keluar dari paru-paru.
c. diafragma dan otot dada berkontraksi, rongga dada membesar, paru-paru menggembung, dan udara masuk ke paru-paru.
d. diafragma dan otot dada berkontraksi, rongga dada membesar, paru-paru mengecil, dan udara masuk ke paru-paru.

9. Apabila kita menarik napas sekuat-kuatnya kemudian menghembuskan sekuatkuatnya, maka volume udara yang masuk dan keluar disebut dengan ....
a. kapasitas paru-paru
b. kapasitas vital paru-paru
c. udara pernapasan
d. udara residu

10. Gangguan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Bacillus tuberculosis adalah ....
a. tuberkolosis (TBC)
b. pneumonia
c. influenza
d. kanker paru-paru

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Berikut ini merupakan skema lintasan jalannya air yang masuk ke dalam xylem tumbuhan.
Berdasarkan lintasan jalannya air di atas, jelaskan dimana peristiwa osmosis terjadi!
Mengapa demikian?

2. Bu Indra pergi ke dokter untuk melakukan pengecekan tekanan darahnya. Setelah dilakukan pengukuran tekanan darah, dokter mengatakan bahwa tekanan darah ibu Indra adalah 110/90. Jelaskan maksud dari hasil pengukuran tekanan darah tersebut! Kaitkan jawabanmu dengan tekanan darah dan kondisi pembuluh darah pada saat itu.

3. Salah satu fungsi darah adalah mengangkut oksigen dan karbondioksida. Selain itu, adakah fungsi darah yang lainnya? Jika ada, sebutkanlah fungsi darah yang lainnya!

4. Pada saat bernyanyi, penyanyi menggunakan mekanisme pernapasan tertentu. Mekanisme pernapasan tersebut dipilih karena dianggap menguntungkan terutama dari segi keindahan fisik (tubuh) ketika penyanyi tersebut di atas panggung. Mekanisme pernapasan apa yang dimaksud? Jelaskan mengapa mekanisme tersebut dipilih!

5. Perhatikan reaksi pengikatan oksigen yang dilakukan oleh hemoglobin di bawah ini! 
Jelaskan dari manakah oksigen berasal, sehingga oksigen dapat diikat oleh hemoglobin!

Kunci Jawaban Soal IPA BAB Sistem Transportasi dan Respirasi Kelas 8 SMP

Pilihan Ganda
1. B
2. B
3. C
4. B
5. A
6. A
7. D
8. C
9. B
10. A

Uraian
1. Osmosis adalah perpindahan molekul zat pelarut melewati membran semi permeabel dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi. Pada peristiwa osmosis yang terjadi ini, terjadi perpindahan zat pelarut (air) dari lingkungan luar sel (tanah) ke tumbuhan (sel-sel epidermis). Konsentrasi air di dalam tanah lebih rendah dibandingkan konsentrasi cairan di dalam sel dan yang berperan sebagai membran semi permeabel adalah membran sel epidermis. Dengan demikian, peristiwa osmosis terjadi pada saat air masuk ke sel epidermis.

2. Angka pertama (110) disebut angka sistole. Angka ini menunjukkan tekanan saat bilik berkontraksi dan darah ditekan keluar jantung. Tekanan darah turun saat bilik relaksasi. Angka kedua (90), angka yang lebih rendah daripada angka pertama disebut angka diastole. Angka ini merupakan hasil pengukuran tekanan saat bilik relaksasi dan mengisi darah, tepat sebelum bilik-bilik ini berkontraksi lagi.

3. Selain mengangkut oksigen dan karbondioksida, masih ada beberapa fungsi darah yang lainnya.
• Menjaga kestabilan suhu tubuh
• Alat transportasi nutrisi dan sisa metabolisme
• Sistem kekebalan tubuh

Fungsi ini diperankan oleh sel darah putih (leukosit). Sel darah putih melindungi tubuh dari infeksi melalui berbagai macam cara. Beberapa leukosit memfagosit sel bakteri dalam tubuh dan memproduksi antibodi. Leukosit dapat menyelip diantara sel-sel yang membentuk dinding pembuluh darah kecil. Pergerakan itu disebut diapedesis yang memungkinkan sel-sel darah putih untuk meninggalkan sirkulasi darah.

Selanjutnya protein tertentu akan membantu leukosit ini menuju ke daerah yang terluka. Pada saat berada di luar pembuluh darah, sel darah  putih akan melakukan gerak ameboid s hingga dapat berpindah tempat.

Leukosit fagositik yang paling aktif bergerak adalah neutrofil dan monosit. Meskipun neutrofil tidak mampu untuk menelan partikel jauh lebih besar dari sel-sel bakteri, monosit dapat menelan struktur yang lebih besar. Monosit mengandung banyak lisosom, diisi dengan enzim pencernaan yang memecahmolekul organik pada bakteri yang ditangkap.

Ketika mikroorganisme menyerang jaringan manusia, basofil merespon dengan melepaskan reaksi kimia yang dapat melebarkan pembuluh darah lokal. Misalnya, histamin melebarkan pembuluh darah kecil dan membuat pembuluh terkecil bocor. Saat darah mengalir lebih melalui pembuluh terkecil, jaringan memerah dan cairan yang berlebihan bocor ke ruang interstisial. Pada kondisi ini akan terjadi reaksi pembengkakan/ reaksi inflamasi. 

Reaksi ini berfungsi untuk menghasilkan penundaan penyebaran serangan mikroorganisme ke daerah lain. Pada saat yang sama, sel-sel yang rusak melepaskan bahan kimia yang menarik leukosit. Sehingga terjadi pergerakan sel darah putih ke dalam daerah yang meradang dengan cepat. Pada kondisi ini sering terbentuk nanah di daerah yang mengalami inflamasi. Nanah sebenarnya adalah bakteri, leukosit, dan sel-sel yang rusak menumpuk di daerah inflamasi.

4. Mekanisme pernapasan yang dipilih oleh para penyanyi adalah pernapasan perut. Mekanisme ini dianggap lebih menguntungkan karena gerakan tubuh yang terjadi akibat pernafasan ini terjadi di perut. Gerakan (membesarkan dan mengecilkan perut) tidak akan terlihat dengan jelas oleh penonton, sehingga aspek keindahan tubuh penyanyi tetap dapat terlihat dengan bagus. Berbeda dengan pernapasan dada, jika penyanyi melakukan mekanisme parnapasan tersebut maka akan terjadi gerakan bahu yang naik dan turun yang dapat terlihat oleh penonton. Hal ini akan mempengaruhi keindahan fisik (tubuh) penyanyi.

5. Oksigen berasal dari udara pernapasan (pada saat menghirup napas) yang ada di paru-paru tepatnya yang ditampung di alveolus. Pada permukaan alveolus terdapat pembuluh darah (kapiler). Hal ini memungkinkan terjadinya pertemuan antara oksigen dengan hemoglobin (terdapat di pembuluh darah). Melalui mekanisme tertentu, oksigen yang ada di alveolus akan dilepaskan ke pembuluh darah dan selanjutnya diikat oleh hemoglobin. Oksigen yang diikat oleh hemoglobin (oksihemoglobin) akan diedarkan ke sel-sel tubuh yang membutuhkan oksigen.

Jika peserta didik mengalami kesulitan untuk menjawab soal ini, maka guru dapat menampilkan kembali diagram/ gambar yang dapat mengingatkan peserta didik tentang peredaran darah kecil (peredaran darah dari jantung – paru-paru – jantung). Sehingga peserta didik dapat mengetahui bahwa aliran darah juga menuju ke paru-paru yang memungkinkan darah yang ada di pembuluh darah (kapiler) dapat bertemu dengan oksigen yang ada di paru-paru (alveolus).

No comments:

Post a Comment