Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Interaksi Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya

Monday, January 16, 2017

Interaksi Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya

Interaksi Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya
Ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.
Tumbuhan-tumbuhan yang dikembangkan pada ekosistem sawah umumnya adalah produk-produk pertanian, seperti padi. Namun, pada kenyataannya padi bukan hanya sumber makanan pokok bagi manusia, tetapi juga bagi makhluk hidup lain. Akibatnya terjadi aliran energi dan materi dari padi kepada beberapa makhluk hidup lain yang mengakibatkan menurunnya jumlah sumber makanan pokok manusia.
Salah satu contoh makhluk hidup pemakan padi pada ekosistem sawah adalah serangga. Banyaknya serangga yang mencari makanan di ekosistem sawah mengundang kehadiran katak pemangsa serangga. Akibatnya, para petani juga harus berhadapan dengan katak yang banyak berada di sawah. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas pertanian masyarakat. Oleh karena itu, petani melakukan banyak upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. 
Berdasarkan uraian di atas, jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!
1. Apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak, jika para petani melakukan pemberantasan serangga? Jelaskan!

2. Komponen abiotik apa saja yang mungkin mempengaruhi keseimbangan ekosistem sawah di atas? Sebutkan 5 saja.

3. Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu masalah alam, misalnya terjadi banjir? Coba prediksikan.
Rantai Makanan _ Interaksi Ekosistem Sawah

4. Bagaimana mungkin organisme yang berbeda-beda (padi, serangga, katak, ular, elang) dapat hidup di satu tempat yang sama, yaitu ekosistem sawah? Jelaskan jawabanmu berdasarkan Gambar 2.13.

5. Apabila pada ekosistem sawah tersebut tidak ada ular, prediksikan hal berikut ini:
a. Apa yang akan terjadi dengan populasi katak pada ekosistem sawah tersebut?

b. Apa yang akan terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah tersebut?

c. Apa dampak yang ditimbulkan pada aktivitas pertanian yang dilakukan oleh para petani pada eksosistem sawah tersebut?


Jawaban Soal IPA Interaksi Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya.


1. Populasi padi akan meningkat karena pemangsanya berkurang, sedangkan populasi katak akan berkurang karena jumlah makanannya berkurang

2. a) air b) udara c) batu-batuan d) tanah e) pupuk  

3. Jika populasi padi habis, maka akan terjadi gangguan ekosistem karena padi merupakan produsen yang menjadi sumber utama aliran materi pada ekosistem sawah. Selain itu, petani juga akan mengalami gagal panen.

4. Organisme-organisme yang berbeda-beda tersebut memiliki saling ketergantungan, yakni hubungan makan dan dimakan, sehingga mereka menyusun ekosistem sawah.

5.
a. Populasi katak akan meningkat.
b. Populasi elang akan berkurang karena jumlah makanannya berkurang.
c. Hal ini akan membawa positif pada petani, yaitu dapat mengurangi serangga pemakan padi, tetapi juga dapat menyebabkan dampak negatif. Jumlah katak paling banyak yang dapat mengganggu aktivitas pada lahan pertanian.

No comments:

Post a Comment