Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Sistem Tata Surya dan Planet Soal IPA dan Jawaban

Sunday, January 22, 2017

Sistem Tata Surya dan Planet Soal IPA dan Jawaban

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat !
1. Uraikan berbagai fakta yang mendukung ketidakmungkinan berlangsungnya kehidupan di planet Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.


2. Jelaskan isi dari hukum Kepler 1, 2, dan 3.

3. Salah satu sinar yang diradiasikan oleh matahari adalah sinar ultraviolet. Jelaskan dampak sinar ultraviolet bagi kehidupan di Bumi, khususnya manusia.

4. Gambarkan sketsa terjadinya gerhana matahari dan gerhana Bulan.

5. Mengapa jarang ada tanaman yang tumbuh di daerah kutub? Jelaskan.

Alternatif Jawaban Soal IPA Sistem Tata Surya dan Planet

Planet Bumi _ Sistem Tata Surya dan Planet Soal IPA dan Jawaban


1. Merkurius memiliki jarak yang paling dekat dengan Matahari, sehingga suhu permukaan Merkurius sangat tinggi. Atmosfer Venus mengandung CO2 yang sangat tinggi, sehingga menimbulkan efek rumah kaca yang berakibat pada tingginya suhu permukaan Venus. Mars tidak memiliki kandungan oksigen dan air yang memadai untuk organisme yang akan tinggal. Hampir setiap saat di permukaan Yupiter selalu terjadi badai, sehingga terlalu berbahaya bagi organisme yang akan tinggal. Saturnus, Uranus, dan Neptunus memiliki jarak yang sangat jauh terhadap Matahari, sehingga suhu permukaan yang sangat rendah tidak memungkinkan organisme dapat tumbuh subur.

2. Hukum I Kepler menjelaskan lintasan planet yang mengorbit matahari berbentuk elips. Hukum II Kepler menjelaskan sapuan luasan planet bernilai sama dalam periode sama. Hukum III Kepler menjelaskan perbandingan jari-jari dengan periode orbit planet.

3. Sinar ultraviolet yang memiliki panjang gelombang antara 100-320 nm berdampak buruk pada kesehatan kulit manusia. Sinar ultraviolet dapat menembus lapisan epidermis, sehingga mengakibatkan pigmentasi yang tidak wajar, kerutan, hingga kanker kuli.

4. Gerhana matahari.

5. Secara geologis, dalam waktu satu tahun, kutub mengalami musim dingin (tanpa hamparan sinar Matahari) selama berbulan-bulan sehingga suhu yang sangat rendah dan cahaya Matahari yang minim menyulitkantumbuhan untuk hidup dan melakukan fotosintesis. Selain itu, faktor zat hara yang rendah juga membuat tanaman tidak dapat tumbuh subur di daerah kutub.

No comments:

Post a Comment