Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Soal IPA Mengenal Organ Pada Makhluk Hidup Dengan Jawaban

Saturday, January 14, 2017

Soal IPA Mengenal Organ Pada Makhluk Hidup Dengan Jawaban

1. Jika salah satu organ penyusun sistem mengalami kerusakan, apa yang terjadi dengan sistem organ tersebut? Dapatkah sistem organ tersebut berfungsi dengan baik?


2. Perhatikan gambar sel di bawah ini.
Gambar Sel_Soal IPA Mengenal Organ Pada Makhluk Hidup

a. Bagian sel yang manakah menjadi penentu sel ini menjadi sel hidup atau sel mati?
b. Apa yang terjadi bila organel yang ditunjuk dengan huruf (I) tidak berfungsi dengan baik?
c. Bagian manakah yang disebut dengan dinding sel? Mengapa pada sel ini memiliki dinding sel? Jelaskan.

3. Perhatikan gambar sistem pencernaan, kemudian sebut bagian- bagian yang diberi tanda. Apabila ada salah satu organ tersebut mengalami gangguan, apa yang terjadi pada sistem tersebut?
Gambar Sistem Pencernaan


4. Mengapa adanya mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel? Jelaskan.


Jawaban Soal

1.  Sistem organ merupakan kumpulan organ yang saling bekerja sama untuk melaksanakan fungsinya, sehingga apabila salah satu organ penyusun sistem tersebut rusak atau tidak berfungsi, maka system organ tersebut akan mengalami kegagalan perannya.

2. - Inti sel/nukleus yang ditunjuk dengan huruf A
-Organel yang ditunjukkan huruf I adalah kloroplas dan di dalamnya terdapat zat warna hijau, yaitu klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis, sehingga bila I tidak berfungsi, maka proses fotosintesis akan terganggu.
-Dinding sel ditunjuk dengan huruf J. Sel ini memiliki dinding sel, karena dinding sel berfungsi melindungi organel dan bagian dalam sel tersebut. Selain itu dinding sel berfungsi dalam mengokohkan struktur sel dari tumbuhan tersebut.
3.        
A. Getah Empedu
B. Pankreas
C. Usus besar naik
D. Anus
E. Kelenjar Saliva
F. Mulut
G. Kerongkongan
H. Hati
I. Lambung
J. Usus besar turun
K. Usus halus
L. Umbai cacing (apendiks)

3. Fungsi dari sistem ini sebagai sistem pencernaan tidak berjalan dengan normal. Banyaknya penyakit yang terjadi pada bagian perut manusia sebagian besar disebabkan tidak berfungsinya dengan baik organorgan penyusun sistem ini.

4.  Mikroskop mampu membantu manusia melihat sesuatu yang berukuran kecil dan mata manusia tidak mampu melihatnya. Sel sesuatu yang tidak kasat mata/tidak dapat dilihat dengan mata tanpa bantuan alat. Alat tersebut adalah mikroskop, yang mampu membantu manusia melihat sel dan bagian dalam sel/organela sel.

No comments:

Post a Comment