Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Kunci Jawaban soal IPA tentang Bioteknologi

Thursday, February 16, 2017

Kunci Jawaban soal IPA tentang Bioteknologi

1. Apakah yang dimaksud ilmu bioteknologi?

2. Sebutkan cabang-cabang ilmu yang juga berperan dalam ilmu bioteknologi!


3. Sebutkan pembagian ilmu bioteknologi!

4. Jelaskan mengenai bioteknologi konvensional !

5. Jelaskan mengenai bioteknologi modern !

6. Sebutkan contoh hasil bioteknologi !

7. Apakah yang dimaksud teknik rekayasa genetika ?

Pembuatan Gas Bioteknologi _ Kunci Jawaban soal IPA tentang Bioteknologi

Jawaban Latihan soal IPA tentang Bioteknologi


1. Bioteknologi merupakan ilmu terapan yang mempelajari prinsip ilmiah menggunakan organisme atau bagian organisme untuk menghasilkan produk yang digunakan untuk kepentingan manusia.

2. Bioteknologi memanfaatkan peran mikroorganisme juga melibatkan peran ilmu kimia, biokimia, genetika, biologi, sel, biologi molekul, dan teknik kimia.

3. Bioteknologi dibedakan menjadi bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.

4. Dalam bioteknologi konvensional dilakukan secara sederhana produk yang dihasilkan dalam jumlah terbatas, tidak menggunakan prinsip-prinsip ilmiah, biasanya mengandalkan jasa mikroba untuk menghasilkan produk, misalnya : proses fermentasi.

5. Dalam bioteknologi modern dilakukan dengan peralatan canggih. Produk yang dihasilkan dalam jumlah besar dan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah. Biasanya menggunakan jasa mikroorganisme yang dibantu oleh bagian-bagian tubuh organisme seperti tumbuhan dan hewan. Contoh produk bioteknologi modern : vaksin, asam amino, obat, pengolahan limbah, pembasmian hama tanaman, dan penghasil logam.

6. Produk bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pertanian, misalnya, melalui proses hidroponik, aeroponik dan kultur jaringan.

7. Teknik rekayasa genetika atau rekombinasi genetika adalah suatu cara mengganti atau menambah DNA dari organisme lain ke susunan DNA asli dalam sel suatu organisme.

No comments:

Post a Comment