Latihansoaldanjawaban.blogspot.com: Mengenal galaksi dan jagad raya bintang dan jarak planet

Friday, March 31, 2017

Mengenal galaksi dan jagad raya bintang dan jarak planet

1. Sebutkan nama galaksi yang kamu ketahui!
Beberapa nama galaksi dalam jagat raya antara lain: galaksi Bima sakti, Magellan, Andromeda, Blue Pinwhell, dan Ursa Mayor.


Gambar Galaksi


2. Sebutkan 5 nama-nama bintang yang kamu ketahui !
Nama-nama bintang di langit antara lain: Matahari, Arcturus, Aldeberan, Betaljusa, Antares dan lain-lain.


3. Jelaskan satuan ukuran jarak antar benda langit yang kamu ketahui!
Ukuran jarak antar benda-benda angkasa biasanya menggunakan ukuran astronomi, tahun cahaya atau parsek, di mana :
1 astronomi = 150 juta km
1 tahun cahaya = 1013 km
1 parsek = 3,25 tahun cahaya




4. Jelaskan kondisi matahari sebagaimana yang telah diterangkan gurumu! Matahari merupakan sebuah bola gas yang berpijar dan merupakan dapur raksasa tempat proses ledakan nuklir yang sangat dahsyat. Keadaan matahari antara lain :
• jari-jari = 7 . 105 km
• massa = 1.99 . 1030 kg
• suhu di permukaan = 6.000 oC
• suhu di inti = 15 Juta kelvin
• warna matahari = kuning

5. Jelaskan cara menghitung besarnya energi!
E = m.C2
Menurut Albert Einstein terdapat kesetaraan antara massa dan energi (massa zat dapat diubah menjadi energi) yang dinyatakan dengan persamaan:
E = Energi yang didapat dari pengubahan massa zat (dalam joule)
m = Massa zat yang diubah menjadi energi (dalam kg)
C = Cepat rambat cahaya dalam ruang hampa udara (3.108 m/s)

6. Jelaskan Lapisan-lapisan yang dimiliki matahari!
Matahari merupakan bola gas yang berpijar secara garis besar terdiri atas inti  matahari dan lapisan kulit. Lapisan kulit matahari terdiri atas beberapa lapisan antara lain :
1) Fotosfer, yaitu lapisan permukaan matahari yang memancarkan cahaya putih mentah sangat pijar dan menyilaukan mata. Fotosfer dapat dilihat setiap hari, disebut juga lapisan cahaya.
2) Khromosfer, yaitu lapisan gas yang tebal dan mengelilingi fotosfer dan disebut atmosfer matahari.
3) Korona, yaitu lapisan matahari yang paling luar dan bentuknya selalu berubah-ubah. Kadang kadang bulat, bulat telur atau seperti mahkota. Korona dapat dilihat dengan jelas pada saat terjadi gerhana matahari total karena cahaya yang menyilaukan mata tertutup oleh bulan.

7. Jelaskan aktivitas-aktivitas yang terjadi di matahari!
1)Gumpalan-gumpalan fotosfera (Granula fotosfer) Karena adanya energi yang berasal dari inti matahari, maka pada fotosfera terjadi aliran gas panas sehingga kelihatan tidak licin, tetapi bergumpal-gumpal.
2) Bintik-bintik matahari atau noda-noda matahari (Sunspot) Bintik-bintik atau noda-noda matahari terjadi akibat terhalangnya gas panas dari dalam tubuh matahari. Akibat adanya gangguan itu, temperatur menurun menjadi sekitar 1500oC. Karena temperatur yang jauh lebih rendah dari temperatur sekelilingnya maka tampak gelap. Bagian yang gelap ini membentuk bintik-bintik matahari atau noda-noda matahari. Bintik-bintik matahari ini berdiameter antara 800 - 80.000 km atau lebih.
3) Lidah api (Protoberans) Lidah api adalah kepulan-kepulan gas yang terwujud seperti nyala api yang  memancar-mancar sangat terang dari permukaan matahari.

8. Apa yang kamu ketahui tentang Aurora?
Merupakan Hasil tumbukan antara proton dan elektron dengan atom-atom oksigen dan nitrogen yang berada pada lapisan atas atmosfer, hal tersebut berefek timbulnya gejala yang berupa cahaya di langit yang disebut Aurora. Aurora dapat dilihat oleh orang-orang di dekat daerah kutub.
Aurora dibedakan menjadi dua, yaitu :
a. Aurora Borealis, berada di belahan bumi utara.

b. Aurora Australis, berada di belahan bumi selatan.

No comments:

Post a Comment